Susun Modul P5 Kurikulum Merdeka, SD IBS Gelar Workshop
MARTAPURA – Bertempat di ruang kelas, SD Islamic Bilingual Science (IBS) Yayasan Pendidikan Pondok Darul Hijrah Putri menyelenggarakan workshop membahas penyusunan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka, Sabtu (8/7/2023).
Kegiatan ini dipandu Anggraeni Agustin MPd, seorang pendidik yang berdedikasi dalam meningkatkan pemahaman guru-guru terkait kurikulum merdeka.
Hadir sejumlah guru yang tertarik untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka dalam implementasi kurikulum merdeka. Mereka adalah para pengajar berbagai kelas di SD IBS, dengan mata pelajaran, keahlian dan pengalaman masing-masing.
Melalui workshop ini, peserta diberi kesempatan mempelajari dan memahami metode penyusunan modul yang efektif dalam mendukung pengajaran materi Pancasila dalam kurikulum merdeka.
Dihadiri sejumlah guru dengan beragam pengalaman mengajar materi Pancasila. Hal ini memberikan nilai tambah bagi workshop tersebut, karena peserta dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar materi Pancasila kepada peserta didik.
“Tujuan utama kegiatan ini guna meningkatkan pemahaman para guru dalam mengajar peserta didik dengan menggunakan kurikulum merdeka, sambil menyusun pembelajaran menarik dan relevan dengan profil pelajar Pancasila,” ujar Kepala SD IBS, Ustadzah Khadijah.
“Peserta diharap mampu mengembangkan modul-modul kreatif dan efektif yang mendukung tujuan tersebut,” terangnya.
“Terima kasih kepada Ibu Anggraeni Agustin dan seluruh peserta yang berkontribusi dalam keberhasilan workshop ini. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik dalam meningkatkan kualitas Pendidikan,’’ ucapnya.
Sementara Anggraeni Agustin menjelaskan tentang tata cara mengajar dan tahap-tahap penyusunan pembelajaran yang harus diperhatikan dalam pengajaran peserta didik di kelas.
Dia berharap peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan didapat dalam workshop ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah mereka.
Workshop diakhiri sesi diskusi yang antusias. Peserta saling berbagi pendapat dan pengalaman. Mereka merasa terinspirasi dan siap untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam kegiatan ini ke dalam kelas-kelas masing-masing.
Melalui workshop ini, diharap guru semakin terampil dan terlatih dalam mengajar materi Pancasila dalam kurikulum merdeka. Hal ini akan berdampak positif pada pengembangan karakter peserta didik yang memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Pancasila. (Widi)
Penulis : Nugroho Widi Susanto
Editor : Rakhmadi Kurniawan