Suguhkan Pagelaran Memukau, Panggung Gembira 2024 Raih Nilai Mumtaz

0

BATUNG, MARTAPURA – Santriwati Kelas Akhir tahun 2024-2025 sukses menggelar Panggung Gembira (PG) 2024, Sabtu 28/9. Setelah menyuguhkan 25 penampilan seni yang indah nan menghibur dalam durasi waktu kurang lebih tiga jam, mereka meraih nilai 9,5 dengan predikat Mumtaz (sangat bagus)

Nilai tersebut diberikan dan disampaikan langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri, Drs. KH. Syahrudi Ramli, M.Fil.I., sesaat setelah pagelaran usai dan setelah mendapatkan masukan dari para juri. Kyai Syahrudi juga menyatakan rasa bahagia dan bangga terhadap penampilan-penampilan santriwati yang digawangi oleh Santriwati Kelas Akhir yang bernama angkatan Nazuretiva Generation.

“Yang istimewa dari Panggung Gembira Nazuretiva Generation ini adalah bahwa prosesnya dari satu episode ke episode, dari satu penampilan ke penampilan lainnya berjalan mulus, tanpa ada jeda yang berarti. Penampilannya beragam namun seakan jadi satu kesatuan. Itulah yang membuat Panggung Gembira kali ini sangat luar biasa”, ujar beliau.

Pada kesempatan yang sama Wakil Pimpinan Pondok, al-Ustadz Abdullah Husin, S,Ag, M.Pd.I. menyatakan apresiasinya kepada seluruh santriwati penampil pada pagelaran PG 2024, orangtua dan wali santriwati, para pembimbing, juri dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya perhelatan PG tahun ini.

“Satu hal yang membuat saya dan Pimpinan Pondok memberikan nilai Mumtaz adalah bahwa setelah saya membersamai santriwati saat latihan dan gladi, semua masukan, arahan dan saran kami diwujudkan semuanya oleh para santriwati pada malam hari ini. Untuk itulah santriwati mendapatkan apresiasi dari kami”, ungkap beliau.

Penampilan drama berbahasa Inggris Panggung Gembira 2024

Santriwati penampil sendiri menyuguhkan 25 penampilan seni dengan beragam jenis yang berbeda-beda dalam satu rangkaian pagelaran. Syair-syair Maulid Habsyi dan Gema Sholawat menjadi yang pertama, kemudian dilanjutkan dengan rentetan penampilan yang cantik, di antaranya paduan suara, madihin, glitter painting, drama kabaret, drama berbahasa Inggris, puisi tentang Palestina, campursari dan beragam tarian yang memukau para penonton yang hadir.

Santriwati juga menghadirkan tiga penampilan baru yang belum ada pada perhelatan PG sebelumnya, yaitu opera komedi bernuansa adat Jawa yang mengundang decak tawa, gemuruh permainan alat musik perkusi dan hentakan musik band yang atraktif dan meriah. Kesemuanya dimainkan oleh para santriwati dengan bimbingan dari para guru Pembimbing yang menyertai persiapan mereka sejak satu bulan sebelumnya.

Tidak hanya penampilan, latar panggung yang megah dan kostum-kostum nan anggun juga dibuat sendiri oleh tangan-tangan kreatif santriwati. Latar panggung bernuansa hijau dan kuning emas serta warna-warni kostum penampil menambah keindahan dan kemeriahan pagelaran PG yang dihadiri oleh seluruh warga Pondok dan wali santriwati kelas akhir ini.

Seluruh rangkaian penampilan dikemas dalam satu tema, yaitu “Inovasi Santriwati dalam Melestarikan Alam untuk Meneguhkan Keimanan”. Ketua Guru Pembimbing, Ustadz Yunizar Ramadhani, mengatakan tema ini dipilih lantaran isu lingkungan belakangan ini berhembus semakin kencang seiring dengan kerusakan lingkungan yang muncul, baik yang disebabkan oleh kultur masyarakat yang abai terhadap kelestarian lingkungan maupun yang secara langsung disebabkan oleh praktek-praktek industri.

“Isu ini kiranya penting untuk diketengahkan kepada warga Pondok untuk membangun kesadaran akan adanya kerusakan alam yang semakin mengancam keberlangsungan hidup dan kesadaran untuk bergerak memperbaikinya dengan upaya-upaya pelestarian alam. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri kiranya perlu turut aktif dalam upaya-upaya tersebut melalui pendidikan, mengingat pelestarian alam merupakan bagian dari doktrin ajaran Islam. Sehingga, melestarikan alam berarti juga meneguhkan keimanan”, jelasnya.

Berdasarkan tema ini, penampilan-penampilan yang disuguhkan dalam PG 2024 mengandung pesan-pesan mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan alam, seperti pesan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, menjaga kebersihan laut dan sungai, serta menegaskan bahwa di balik keindahan alam terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah.

Anggunnya tarian santriwati dalam Panggung Gembira 2024

Panggung Gembira adalah pagelaran seni akbar tahunan yang telah menjadi tradisi sunnah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri. PG diselenggarakan oleh santriwati kelas akhir dengan dibantu oleh santriwati kelas 10 sebagai kru pagelaran dan sebagian santriwati kelas 9 hingga kelas 7 sebagai penampil karya seni.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa selain mengajarkan seni, melalui PG Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri mendidik para santriwatinya berorganisasi, bekerjasama, memiliki kepercayaan diri, dan mengeksplorasi bakatnya di bidang seni. Selain itu, dengan memberikan pengalaman menghelat pagelaran seni akbar ini, Pondok mendorong mereka untuk senantiasa berkarya dan menciptakan sesuatu yang besar.[]

Seluruh rangkaian pagelaran PG 2024 ini dapat anda tonton kembali lewat channel Youtube resmi Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura, “Darul Hijrah Putri”.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.